Menkeu dan Gubernur BI membuka VTI Art Exhibition

smi-artexhibition.jpg

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, membuka acara Voyage to Indonesian, Art Exhibition; Indonesia Connecting The World, di Gedung Jusuf Anwar, Kementerian Keuangan. Selasa (13/3).

Pameran karya seni mural yang diadakan oleh Sekretariat Panitia Nasional ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut event keuangan dan moneter internasional terbesar di dunia, Annual Meetings International Monetary Fund (IMF) – Wolrd Bank Group (WGB) 2018, yang akan diadakan di Bali pada bulan Oktober 2018 mendatang.

Pembukaan pameran yang diadakan dari tanggal 12 hingga 14 Maret 2018 ini ditandai dengan dibukanya selubung penutup karya mural yang dikerjakan oleh 8 perupa Indonesia. Karya seni ini menunjukkan pentingnya keberagaman, kerja sama, komunikasi, serta toleransi dalam membentuk dan membangun masyarakat yang damai dan sejahtera.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan ketua Panitia Nasional Annual Meetings IMF-WGB Bali 2018, Wamenkeu Mardiasmo, pimpinan Word Bank dan IMF di Jakarta, serta pimpinan dari beberapa Bank dalam negeri.

Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, pameran seni ini akan memperkenalkan wajah Indonesia yang kaya dengan keberagaman, dan komitmen Indonesia untuk bersatu di dunia internasional. Indonesia tidak hanya memiliki ide beragam, tapi juga punya komitmen untuk bersatu dengan mengedepankan toleransi.

“Saya berharap, VTI art exhibition dengan seni mural ini kita bisa menunjukkan kepada dunia, true face of Indonesia and true value of Indonesia, yaitu suatu nilai keberagaman yang mampu untuk bekerja sama.” tutur Menteri Keuangan terbaik dunia ini.

Mural hasil karya perupa Marishka Soekarna, Yudi Andhika, Widyatmiko, Rizky Aditya Nugroho, Oldy Juralki, Adi Dharma, Muchlis Fahri, dan Age Airlangga dengan kurator Amir Sidharata ini juga akan dipamerkan pada Spring Meetings IMF - WGB 2018 di Washington DC, Amerika Serikat, pada bulan April 2018 mendatang.

Karya mural ini nantinya akan di tempatkan pada dinding lorong yang biasa dilalui orang dari Atrium utama World Bank menuju gedung IMF sebagai upaya Indonesia yang menjadi tuan rumah Annual Meetings International IMF – WGB 2018 untuk mengenalkan seni, budaya, dan pariwisata Indonesia kepada dunia.

Agus Martowardojo dalam sambutannya mengatakan, dalam 2 tahun terakhir, Indonesia telah melaksanakan Voyage to Indonesia, yaitu semua persiapan yang dilakukan Indonesia untuk menyambut dan menyelenggarakan Annual Meetings IMF-WBG 2018 pada Oktober mendatang.

“Insyaallah pada Annual Meetings IMF-WBG 2018 nanti, kita akan menunjukka kepada dunia, tidak hanya ekonomi Negara kita, tetapi juga lebih lengkap termasuk keindahan destinasi wisata, keragaman seni dan budaya Indonesia” tutur Gubernur Bank Indonesia tersebut.

Agus menambahkan, selama acara Annual Meetings IMF-WGB Bali 2018 nanti, paling tidak ada 15.000 orang yang akan hadir di Bali. Jadi betul jika ada ungkapan the world is coming to Indonesia, karena memang semua hadir di Bali untuk melihat Indonesia.